POLITICS

Hasil Survei SMRC: Pemilih Prabowo Bergeser ke Anies Baswedan

Indonesiaplus.id – Menjelang pemilihan presiden semakin panas di mana terjadi perpindahan pilihan pemilih akan calon presiden semakin terasa.

Hal tersebut terungkap dari hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) terbaru yang menyebut pemilih Prabowo Subianto mulai bergeser dalam menentukan pilihannya ke Anies Baswedan.

Dari 44,5 persen pemilih Prabowo – Sandiaga di 2019, ada 44 persen yang sekarang memilih Anies, 13 persen memilih Ganjar, dan 37 persen memilih Prabowo. Masih ada 6 persen yang belum menjawab.

“Tapi ternyata Anies mengambil paling banyak dari suara Prabowo – Sandi di Pilpres 2019,” ujar Saiful Mujani dalam pemaparannya di Jakarta, Kamis (12/1/2023).

Jika menengok latar belakang agama pemilih, Saiful mengungkapkan dari 87,5 persen pemilih yang beragama Islam, 29 persen memilih Anies, 34 persen memilih Ganjar, dan 27 persen memilih Prabowo. Ada 9 persen belum menentukan pilihan. Dari 12,5 persen pemilih yang beragama lain, 19 persen memilih Anies, 30 persen memilih Ganjar, dan 21 persen memilih Prabowo. Masih ada 30 persen yang belum menentukan pilihan.

Pada 2019, ada 98,7 persen pemilih Prabowo di Pilpres 2019 yang berlatar belakang Islam, dan tidak beragama Islam sebesar 1,3 persen.

“Pemilih Prabowo yang beragama Islam, sekarang terdistribusi pada Anies 45 persen, Ganjar 13 persen, dan Prabowo 36 persen. Masih ada 6 persen yang belum menjawab,” ujar pendiri SMRC tersebut.

Sedangkan, dari pemilih Prabowo 2019 yang beragama selain Islam, sekarang memilih Anies 0 persen, Ganjar 14 persen, dan Prabowo 75 persen. Namun, ada 11 persen yang belum menjawab.

Saiful menjelaskan bahwa yang berubah banyak adalah pemilih Prabowo di 2019 yang cenderung pindah ke Anies. Dari segmen pemilih Prabowo 2019 beragama Islam paling banyak pindah ke Anies, sedangkan dari kalangan non-Islam hampir tidak ada yang memilih Anies, paling banyak kembali akan memilih Prabowo.

“Kondisi ini terjadi karena Anies selama ini diidentikkan dengan politik Islam. Pada Pemilu 2019, sentimen Islam cukup kuat pada Prabowo. Sekarang diganti sama Anies. Sentimen Islam pada 2019 (sekarang) pindah ke Anies,” lanjut Saiful.

Karena pindah ke Anies, pemilih Prabowo di 2019 dan sekarang masih memilih Prabowo kemungkinan dari kalangan pemilih nasionalis. Aspek Islam dari pemilih Prabowo sudah jauh lebih berkurang memasuki Pemilu 2024. Karena itu, kata Saiful, persaingan sekarang lebih banyak terjadi antara Anies dengan Prabowo.

“Perangnya sekarang adalah antara Anies dengan Prabowo, bukan dengan Ganjar. Ganjar anteng aja sendirian,” imbuhnya.

Kenaikan suara Anies lebih banyak mengambil suara dari basis pemilih Prabowo di 2019. “Menguatnya Anies sekarang ini karena persaingan dengan Prabowo, bukan dengan Ganjar,” katanya.

Survei ini dilakukan secara tatap muka pada 3 – 11 Desember 2022. Populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan. Dari populasi itu dipilih secara random (stratified multistage random sampling) 1220 responden.

Dengan response rate sebesar 1029 atau 84 persen dan margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar ± 3,1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen (asumsi simple random sampling).[had]

Related Articles

Back to top button