Nielsen Indonesia: Belanja Iklan 2016 Tembus Rp 134,8 Triliun
Kamis, 2 Februari 2017
Indonesiaplus.id – Hasil riset Nielsen Indonesia menyebutkan, bahwa total belanja iklan di televisi dan media cetak di 2016 tembus angka Rp 134,8 triliun.
Menurut Executive Director Head of Media Business Nielsen Indonesia Hellen Katherina, angka tersebut bertumbuh 14 persen dibanding 2015.
Kontributor utama belanja iklan di media nasional masih di dominasi oleh media televisi yang menyumbang 77 persen. Iklan televisi juga meningkat 22 persen dibanding 2015.
“Urutan kedua belanja iklan masih di surat kabar, majalah dan tabloid sedikit menurun dengan adanya penurunan jumlah media yang beroperasi,” ujar Hellen di Jakarta, Rabu (1/2/2017).
Pertumbuhan tersebut cukup positif, jika dilihat dari total belanja iklan di 2016.
“Usai melambat pada tahun sebelumnya, baru terlihat kepercayaan diri pasar sudah bangkit kembali. Semua kategori besar menunjukan pergerakan yang positif,” katanya.[Sal]