Hasil Survei Kepuasan Masyarakat terhadap Bansos, Juliari: Sesuai Fakta di Lapangan

Indonesiaplus.id – Upaya keras pemerintah mengatasi dampak Covid-19 berkembang di tengah-tengah masyarakat patut dihargai. Salah satunya dari lembaga survei yang memotret kinerja pemerintah selama pandemi.
Dari sekian riset yang menjadi atensi Menteri Sosial Juliari P Batubara yang dilakukan oleh lembaga survei Alvara Research dengan hasil temuan diketahui mayoritas masyarakat puas dengan program bansos pemerintah.
Tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintah mendistribusikan bansos cukup tinggi, 56,2 persen. Dengan survei ini, Mensos Juliari merasa tidak terkejut karena sejalan dengan fakta lapangan dan survei sebelumnya juga menyatakan hal senada.
“Jadi, hasil survei sejalan dengan fakta yang kami temui di lapangan dalam kesempatan mengecek langsung distribusi bansos kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Hasil survei ini juga paralel dengan survei sebelumnya, yang juga menyatakan kepuasan KPM terhadap bansos,” ujar Juliari di Jakarta, Rabu (15/7/2020).
Pada setiap kunjungan, Mensos biasa membuka dialog dengan KPM. Dalam perbincangan tersebut banyak terungkap testimoni KPM yang menyatakan sikap positif terhadap pelayanan.
“Memang faktnyta pemerintah memberikan pelayanan kepada KPM, termasuk dalam kaitan dengan distribusi bansos. Kemensos bersama PT Pos melakukan banyak terobosan yang berorientasi kepada kemudahan KPM mendapatkan bansos,” terang Juliari.
Untuk KPM lansia, sakit atau disabilitas, PT Pos mengantarkan bansos tunai (BST) langsung ke alamat KPM.
“Untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan akselerasi, PT Pos juga kami instruksikan untuk menambah loket-loket pembayaran da menambah jam layanan,” kata Mensos.
Juga, hasil survei Alvara juga memperkuat survei yang pernah dilakukan oleh MicroSave, yang dipublikasikan April tahun lalu, survei independen MicroSave Consulting Indonesia menyebut 93,2 persen KPM puas terhadap program bansos PKH.
Selain itu, 94 persen puas terhadap pendampingan oleh Pendamping PKH, 93 persen puas terhadap kemudahakan menjangkau lokasi pencairan bansos, dan 94 persen menyatakan puas terhadap kemudahan bertransaksi di lokasi pencairan bansos.
Di akhir pernyataannya, Mensos mengajak semua elemen masyarakat untuk mengembangkan sikap optimistis di tengah bangsa ini dan bangsa-bangsa lain di dunia tengah berjuang melawan pandemi.
“Mari semua pihak, baik pemerintah, masyarakat, dunia usaha, termasuk media massa, bersama-sama membangkitkan optimisme publik. Insya Allah dengan bersikap optimistis, bangsa ini bisa secepatnya memenangkan perang melawan pandemi dan segera bisa bangkit, ” pungkas Juliari.[mor]